Jumat, 26 November 2010

Tugas 27 November 2010 Etika Profesi Akuntansi


“ Pengamatan mengenai penyimpangan kode etik ditempat bekerja “
                Pelanggaran atau penyimpangan kode etik dapat terjadi kapan dan dimana saja. Pelanggaran atau penyimpangan tersebut dapat terjadi dikarenakan kurangnya tingkat kesadaran pada individu maupun organisasi mengenai profesionalisme kerja.
                Menyangkut penyimpangan kode etik dalam bidang pergelaran musik yang saya bahas minggu lalu adalah untuk sebagian besar seniman pada dasarnya TIDAK PERNAH malakukan pelanggaran kode etik, dikarenakan setiap pekerjaan yang dilakukan, selalu dilandasi dengan surat kontrak yang legal, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pelanggaran atau penyimpangan kode etik.
Kalaupun ada bisa dikarenakan beberapa faktor yang sudah disepakati sebelumnya.
                Jadi pelanggaran kode etik profesi merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh sekelompok profesi yang tidak mencerminkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dimata masyarakat.
Penyebab Pelanggaran Kode Etik Profesi
Idealisme yang terkandung dalam kode etik profesi tidak sejalan dengan fakta yang terjadi di sekitar para profesional, sehingga harapan terkadang sangat jauh dari kenyataan. Memungkinkan para profesional untuk berpaling kepada kenyataan dan mengabaikan idealisme kode etik. Kode etik bisa menjadi pajangan tulisan berbingkai. Kode etik merupakan himpunan norma moral yang tidak dilengkapi dengan sanksi keras karena keberlakuannya semata-mata berdasarkan kesadaran profesional.
Sanksi Pelanggaran Kode Etik Profesi:
  1. Sanksi moral
  2. Sanksi dikeluarkan dari organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar